4 Tips Atasi Genangan Pada Lantai

Sebentar lagi musim hujan akan tiba. Ada banyak sekali masalah yang ditimbulkan ketika musim hujan datang. Salah satunya adalah terjadi pada bangunan atau rumah anda. Oleh karena itu, anda harus mempersiapkan rumah anda untuk hal ini.

Pada saat musim penghujan tiba, ada banyak bangunan yang mengalami rembes pada beberapa bagian. Bagian ruangan yang biasanya sering rembes terjadi pada bagian lantai. Mengapa bisa rembes? Hal ini karena perekat yang digunakan pada saat pemasangan lantai dahulu kurang keras dan menyebabkan pori-pori pada lantai tidak tertutup dengan sempurna sehingga mudah sekali rembes dan menyebabkan genangan air pada lantai. Untuk bisa mengatasi masalah genangan air di lantai, maka anda bisa mengikuti tips berikut ini, yaitu:

Pembangunan Konstruksi Lantai yang Benar

Hal awal yang perlu sangat diperhatikan adalah pembangunan lantai yang harus disusun sedemikian rupa supaya nantinya tidak terjadi berbagai macam masalah. Salah satunya adalah pembangunan lantai yang benar. Anda bisa menggunakan dan mempercayakan pembangunan lantai kepada jasa floor hardener.  Mintalah untuk membuat konstruksi lantai yang kuat dengan mengaplikasikan besi beton dengan jarak antar besi kurang lebih 5-10 cm dan kemudian diikat dengan kawat supaya tidak mudah goyah. Sambung tulangan ke bagian fondasi pada tepi lantai yang mana akan membuat lantai semakin kuat dan setelah itu tinggal dicor dengan komposisi setengah sak semen, 2 sak pasir dan campur dengan 3 sak kerikil.

Penggunaan Material Pelapis yang Kuat dan Tepat 

Masih berhubungan dengan lantai yang menggenang atau merembes, anda harus memilih bahan pelapis yang berkualitas. Anda bisa memilih bahan berupa semen ekspos dan juga tambahkan floor harderner yang ditaburkan pada bagian lapisan yang dicor dalam kondisi 80% kering. Setelah itu, poleslah dengan mesin kering. Fungsi dari hardener ini adalah untuk memperkuat lapisan paling dalam pada lantai sehingga pori-pori akan tertutup dengan raoat dan juga tidak akan mudah retak.

Mempunyai Saluran Pembuangan Air yang Baik

Pada dasarnya, penyebab genangan air pada lantai adalah tidak adanya saluran pembuangan air yang baik. Air yang masuk melalui atap bisa membuat lantai selalu dalam keadaan  basah. Oleh karena itu, pastikan penutup mempunyai kemiringan 2-3% supaya air hujan bisa lancar mengalir. Anda juga harus melengkapinya dengan tanggul yang memadai yang mana berguna untuk mengurangi tampias dan juga kebocoran yang disebabkan oleh air hujan yang meluap.

Pastikan Menggunakan Agen Jasa floor  hardener yang Berkualitas

Pada dasarnya bagus tidaknya kualitas dari bangunan anda dipengaruhi oleh bagaimana anda dalam memilih agen jasa floor hardener Jakarta. Pastikan anda memilih agen jasa yang berkualitas dan juga profesional. Dengan begitu, maka sudah bisa dibuktikan jika agen jasa tersebut bisa menyelesaikan masalah anda dalam mengatasi masalah lantai yang rembes. Selain itu, pastinya mereka akan menggunakan berbagai macam bahan yang berkualitas terutama untuk menggarap semuanya. Tidak hanya itu saja, mereka juga pastinya akan memberikan pelayanan yang sangat bagus dan tentu saja tidak akan mengecewakan.

Nah itu tadi ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah genangan pada lantai dan juga masalah lainnya. Semoga saja sedikit informasi tersebut bisa menambah pengetahuan anda dan bisa anda terapkan di rumah masing – masing dalam mengatasi masalah rembesan air di lantai dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *