4 Tips Memilih Gorden yang Sesuai Dengan Jendela

 

Sebuah jendela di rumah kita pastilah memerlukan tirai sebagai pelengkapnya. Sebuah tirai jendela selain bisa digunakan untuk mempercantik sebuah ruangan, juga begitu fungsional. Tirai jendela memiliki berbagai fungsi, diantaranya melindungi privasi dari pemilik rumah atau ruangan, menghindarkan orang yang ada di dalam ruangan dari sinar matahari berlebihan, mencegah nyamuk masuk, dan lain sebagainya.

Yang pasti, apapun kegunaan tirai jendela akan sangat berfungsi dan harus memiliki bentuk yang sesuai dengan bentuk jendela rumah anda, sehingga keberadaan dari tirai jendela tersebut tidak malah mengganggu pemandangan. Selain itu, ada banyak hal yang juga perlu diperhatikan kala anda ingin memilih tirai untuk jendela.

Tips Memilih Gorden atau Tirai jendela

Tips Memilih Gorden atau Tirai jendela

  1. Perhitungkan bentuk jendela dengan bentuk tirai

Berbagai bentuk jendela membuat anda harus cermat dalam memilih bentuk tirai jendela agar nantinya pemandangan dari dalam ruangan tidak berantakan. Ada model jendela yang memanjang kebawah, ada jendela yang lebar dan berbentuk persegi serta ada jendela kaca yang berupa full window yang mampu memperlihatkan seluruh isi ruangan.

Selain itu ada juga bagian bentuk jendela yang melengkung setengah lingkaran di bagian atas, dan lain sebagainya. Dengan memperhatikan bentuk jendela, anda akan bisa memperkirakan model dari tirai yang cocok untuk jendela anda tersebut. Jangan sampai gorden dengan jendela tidak cocok dan menimbulkan kerugian finansial.

  1. Ukur jendela anda

Mengetahui bentuk dari sebuah jendela saja tidak cukup. Anda perlu mengukur panjang dan lebar jendela sehingga mampu membeli tirai jendela yang mencukupi. Tirai jendela yang terlalu kecil akan sangat merugikan pemilik rumah, sedangkan tirai yang terlalu besar baik dilihat dari segi panjang maupun lebar juga akan membuat pemandangan menjadi tidak sedap.

  1. Perkirakan warna dan motif yang akan anda pilih

Salah satu hal terpenting yang harus anda lakukan ketika memilih tirai jendela adalah memperkirakan warna dan motif. Akan lebih baik jika anda sudah merencanakan warna dan motif tirai seperti apa yang akan anda pilih untuk menghias jendela, karena ketika anda sudah merencanakan dari rumah, anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk memikirkan hal tersebut di toko tirai jendela.

Merencanakan motif dan warna sebaiknya juga dilakukan dengan mempertimbangkan warna dari dinding yang ada di ruangan tersebut, sebab walaupun berfungsi sebagai penutup jendela, tirai juga perlu memiliki warna pilihan sehingga tidak menyebabkan pemandangan di dalam ruangan menjadi rusak karena warna yang tidak cocok.

  1. Pertimbangkan bahan tirai

Apa anda perlu tirai yang tebal dan mewah? Atau hanya perlu tirai dengan kain tipis yang tidak mudah membuat hawa di dalam ruangan menjadi panas? Pertimbangan mengenai bahan dari tirai sangat diperlukan sehingga anda juga tidak akan merasa kesulitan saat akan membersihkannya. Usahakan untuk memilih bahan tirai yang berkualitas dan tidak mudah kusam. Jika tirai jendela mudah kusam, anda harus sering mencucinya. Selain itu, pilih bahan tirai yang tidak mudah rusak agar jika dicuci juga tidak mudah rusak serat kainnya.

Dengan mengetahui berbagai tips memilih tirai jendela seperti di atas, anda akan mendapatkan kemudahan ketika melakukan hal itu. Jangan lupa apabila ingin mencari gorden minimalis murah, maka bisa mencarinya di berbagai marketplace online.

Dengan mencari gorden minimalis murah di berbagai marketplace online, maka anda bisa membeli tirai terbaik untuk jendela dengan harga yang terbaik pula. Anda juga tidak perlu membuang lebih banyak waktu dan tenaga untuk berbelanja tirai di toko tirai jendela. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *