5 Tips Efektif Merawat Rumah Saat Musim Hujan Tiba

Menjelang musim hujan banyak orang memperhatikan perawatan rumah agar atap tidak bocor dan hawa dingin tidak mengganggu kesehatan keluarga. Perawatan yang tepat membuat rumah nyaman ditempati dan keindahan interior tidak terpengaruh, maka keluarga harus bekerjasama merawat rumah untuk menghadapi musim hujan. Jangan sampai sifat malas membuat kesehatan orang tercinta terganggu.

Tips Merawat Rumah Menjelang Musim Hujan

Sejatinya, curah hujan bervariasi. Ada yang sedang maupun tinggi disertai petir yang membuat orang khawatir alat elektronik seperti Televisi mudah terkena samberan petir jika ada kabel yang konslet. Pasalnya berbagai masalah seperti dinding lembab, konsleting listrik, material plafon lapuk akibat bocor menimbulkan bahaya yang mengancam anggota keluarga. Berikut ada 5 tips merawat rumah menjelang musim untuk diterapkan, antara lain:

1. Memperhatikan Kondisi Atap

Atap menjadi perhatian utama menjelang musim hujan agar tidak bocor. Memperhatian kondisi atap harus teliti agar penangannya tepat, jika banyak posisi genting yang tidak sesuai segera memperbaiknya sebelum musim hujan tiba. Apalagi sudut kemiringan atap yang tidak tepat memicu kebocoran genting dan merusak plafon, pilihlah material atap yang berkualitas sehingga bertahan lama. penggunaan waterproofing juga diperlukan agar kekokohan atap semakin teruji karena harga waterproofing dapat dijangkau semua orang.

2. Membersihkan Interior Rumah

Hawa dingin yang ditimbulkan hujan sering kali membuat orang malas bersih-bersih di dalam rumah. Padahal menjadi tips merawat rumah agar musim hujan tidak membuat ruangan lembab karena pakaian yang tidak rapi dan benda lainnya sehingga menjadi sarang nyamuk. Rutin bersih-bersih adalah peran utama melindungi keluarga dari berbagai penyakit seperti flu, batuk dan lain-lain, maka bersihkanlah beragam benda interior rumah seperti meja, lantai, perabotan rumah dan benda lainnya sehingga rumah tetap nyaman ditempati.

3. Memperhatikan Saluran Air

Saluran air pasti dimiliki setiap rumah sebagai pembuangan air sehabis mandi maupun mencuci. Menjelang musim hujan, memeriksa kondisi saluran air harus dilakukan agar tidak menyumbat karena saluran air sering tersumbat endapan lumpur sehingga laju air terhambat. Hal itu memicu air menggenang di saluran air dan menimbulkan banjir, bahkan menjadi sarang nyamuk demam berdarah. Jika saluran air tidak layak kualitasnya seperti pipanya bocor, betonnya merembes usahakan menggunakan waterproofing membrane sehingga musim huuan tidak menimbulkan masalah. Apalagi harga waterproofing membrane tidak terlalu mahal namun kualitasnya bagus.

4. Memangkas Tanaman

Tanaman memang bagus agar suasana rumah sejuk walaupun musim panas, tetapi tanaman atau pohon yang terlalu tinggi menimbulkan masalah tak terduga. Apalagi saat musim hujan, angin sering muncul disertai hujan maupun petir. Bayangkan saja jika diarea rumah terdapat pohon tinggi sehingga memicu pohon tersebut roboh mengenai atap rumah, memangkas tanaman dan pohon adalah tips tepat menanggulangi masalah sehingga rumah tetap terawat dan rapi. Selain itu memilih bunga lebih disarankan saat musim hujan, misalnya bunga mawar, bunga tulip, bunga lily karena tidak memiliki dahan yang tinggi.

5. Menjaga Dinding Tetap Sehat

Semakin bertambahnya usia, kekokohan dinding semakin menurun dan memicu retakan di salah satu sudut. Hal itu membuat dinding lembab saat musim hujan dan membuat suasana rumah dingin, solusinya adalah menjaga dinding agar tetap sehat. Jika terdapat retakan, segera kikis retakan sampai semennya kemudian berikan acian baru sehingga dinding kembali kokoh. Agar perekat dinding sangat kokoh dapat mengaplikasikan waterproofing agar bertahan sampai bertahun-tahun, apalagi harga waterproofing ramah dikantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *