6 Cara Menghilangkan Karat Pada Pagar Besi

Besi merupakan material yang paling banyak digunakan sebagai perabotan rumah, mulai dari lemari, pagar, kursi dan meja, hingga ada peralatan makan yang masih menggunakan besi logam tertentu. Material dari besi ini memang dibanderol dengan harga murah namun tahan lama, tapi ia gampang berakarat. Hal inilah yang membuat orang berpikir ulang untuk membeli peralatan yang berbahan dasar besi.

Akan tetapi, untuk pagar rumah, besi masih menjadi material paling banyak dipilih karena bisa bertahan lama dalam berbagai macam cuaca ekstrem. Lagi-lagi, pagar akan berkarat kalau sudah dipakai dalam waktu lama, bagaimana? berikut ini cara menghilangkan karat yang ada pada pagar besi.

Cara Menghilangkan Karat Pada Pagar Besi

1. Rajin Membersihkan Pagar

Karena posisinya yang berada di luar rumah, pagar terkena hujan, panas, serta berbagai hantaman cuaca ekstrem. Sudah pasti kotoran seperti debu juga tak terhindarkan. Oleh karena itu, sebelum besi berkarat, ia harus rutin dibersihkan. Tidak perlu setiap hari, cukup 2 hingga 3 kali dalam satu bulan. Cara membersihkannya juga cukup menggunakan kemoceng, lap bersih, ampelas, atau bisa juga dengan air sabun. Setelahnya, pastikan pagar kering. Engsel-engsel pagar juga harus rutin diberi oli atau minyak, tujuannya agar pagar tidak mengeluarkan decit dan susah dibuka.

2. Rutin Mengecat Ulang Pagar

Menghilangkan Karat Pada Pagar Besi

Pagar besi minimalis memang bisa mempercantik tampilan rumahmu. Pagar rumah besi ini harus dijaga dan rutin dibersihkan agar ia berumur panjang. Salah satu cara paling mudah untuk menjaga kebersihannya adalah melakukan pengecatan secara rutin, lebih bagus memakai cat anti-karat. Cat akan menjaga pagar sehingga tidak dirayapi oleh karat. Kamu bisa mengkreasikan warna pagar sesuai dengan warna rumahmu.

3. Mengoleskan Minyak atau Oli

Minyak Tanah atau Oli juga bisa menjadi pelumas pagar besi untuk mencegah oksidasi. Akan tetapi, penggunaan zat yang berminyak akan membuat pagar mengkilap dan kurang bersih saat disentuh, maka oli hanya dioleskan pada bagian engsel untuk menghindari  susah dibuka alias ngadat.

4.  Lapisi Pagar dengan Timah

Selain cat yang punya kandungan anti-karat, kamu bisa melapisi pagar dengan pelapis yang berbahan timah. Timah ini bisa mencegah karat dan membuat besi lebih berumur panjang. Meskipun timah merupakan jenis logam, ia punya daya tahan terhadap korosi.

5. Membersihkan Pagar Rumah dengan Minuman Bersoda

sumber gambar [grid.id]

Kalau pagar sudah berkarat dan kamu terlambat melapisinya dengan cairan-cairan di atas, maka bisa disiasati dengan membersihkan pagar besi dengan minuman berkarbonasi (minuman soda). Zat soda bisa digunakan untuk melepas karat yang ada pada besi. Caranya gampang, siram minuman bersoda pada tempat karat, lalu diamkan selama beberapa saat, setelahnya gosok besi dengan sabut kawat atau lap sambil digosok perlahan. Pembersihan secara rutin akan membuat karat luruh.

6. Memakai Bahan yang Mengandung Asam

Selain minuman karbonasi, bisa juga memakai bahan-bahan yang asam, seperti soda kue dan cuka makan. Senyawa asam yang terkandung di dalam zat di atas bisa membuat karat hilang. Caranya cukup siram zat asam ke besi yang berkarat, lalu lap dengan besi atau usap dengan lap.

Perawatan pagar besi ini pada dasarnya sangat mudah dan tidak memakan banyak biaya. Hanya saja, kamu harus membersihkannya secara rutin, paling tidak 2-3 kali dalam satu bulan. Kalau sudah terlanjur berkarat, maka kamu bisa terapkan beberapa cara di atas. Semoga tulisan ini bisa membantu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *