6 Point Penting Pencahayaan Kamar Kerja Yang Sehat

Apakah anda pernah merasakan sakit kepala berkelanjutan? Hal tersebut mungkin diakibatkan ruang kerja yang memiliki pencahayaan yang murang memadai. Bekerja dalam waktu yang lama perlu bantuan penerangan agar dapat bekerja dengan nyaman. Baik bekerja seharian didepan komputer atau berkutat dengan dokumen, cahaya yang cukup dapat membuat mata nyaman beraktifitas.

Penerangan Di Ruang Kerja, Ketahui Element Wajibnya

Penerangan yang baik dan sesuai sangat penting untuk peningkatan kualitas dan produktivitas. Atur besar dan kecil sinar matahari yang menembus jendela ruang kerja dengan tirai dan pasang lampu dalam ruangan dalam jumlah banyak. Terdapat banyak jual tirai jendela dan lampu penerangan dengan berbagai variasi. Berikut adalah kiat memiliki ruang kerja dengan penerangan yang sehat dan proporsional.

  • Ukuran − Ruang kerja luas memerlukan lebih banyak pencahayaan baik dari matahari langsung maupun lampu dalam ruangan. Sedangkan ruang kerja sempit cenderung membutuhkan latar belakang ruangan netral dan menerapkan gaya interior minimalis agar ruangan secara tidak langsung menjadi lebih terang.
  • Kontras − Lakukan padu padan pada ruangan. Kombinasi antara warna terang dan gelap memperjelas adanya perbedaan pada tingkat terang yang terlihat dengan kecerahan di sekitarnya. Semakin tinggi tingkat kontras, maka pencahayaan menjadi semakin terang. Satu dinding yang diwarnai dengan merah menyala atau pola tertentu dan sekelilingnya dibiarkan polos dan netral. Hal ini memberikan kontras yang sekaligus menciptakan fokus visual pada ruangan.
  • Luminensi − Besar kecil intensitas cahaya yang dimiliki oleh lampu sebagai penerangan ruangan juga berbeda sesuai dengan pekerjaan yang digeluti. Pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan kecermatan pada detail memerlukan luminasi cahaya yang lebih tinggi. Contohnya para tukang jam, petugas labolatorium, pemasang mesin dengan perangkat yang halus dan kecil. Mereka adalah segelintir orang yang memerlukan tambahan lampu terang benerang di meja kerjanya sebagai tambahan penerangan.
  • Tirai atau Gorden – Pencahayaan alami dari sinar matahari tidak dapat dikendalikan. Oleh karena itu, diupayakan agar sinar yang masuk dapat disesuaikan agar tidak terlalu silau atau terlalu gelap.  Ruang kerja kecil memerlukan dekorasi yang simple dan polos agar memberikan kesan lebih lega dan tentunya lebih cerah. Penghuni rumah dapat mencari tempat yang jual gorden minimalis untuk mencari inspirasi bentuk tirai yang sesuai dengan peruntukannya.
  • Warna Cat Glossy – pencahayaan yang mendukung penglihatan di ruang kerja yang sehat perlu menghindari kesilauan. Secara otomatis anda akan berusaha melihat dengan baik dan memaksakan mata untuk lebih fokus melihat suatu benda. Furniture dalam ruang kerja yang dapat memantulkan cahaya adalah benda yang memiliki dasar glossy yang mengkilat. Hindari penggunaannya dan gunakan perabotan dan dekorasi dengan warna hangat yang menyejukan atau netral yang menenangkan.
  • Tipe dan Daya Lampu – Area kerja berbeda – beda kepentingannya sehingga membutuhkan daya dan jenis lampu yang bervariasi pula. Penggunaan penerangan ruangan lampu dengan tipe fluorescent paling cocok untuk ruang kerja administrator dengan tingkat detail tinggi. Sementara lampu bertipe high pressure sodium sangat cocok untuk pekerja seni yang membutuhkan fokus dan cahaya yang lebih intense dan terang. Tipe sejenis lainnya adalah metal halide yang cocok untuk memberikan kenyamanan pada mata kala menangani berbagai mesin untuk keperluan industri/ fabrikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *