Bagaimana Memilih Bahan untuk Ruangan Rapat Kedap Suara

Semakin majunya teknologi akhir-akhir ini khususnya di bidang properti membuat banyak muncul hal yang baru dan inovatif. Para insinyur banyak menemukan dan menciptakan alat-alat maupun bahan untuk membangun suatu properti yang semakin canggih dan efisialen. Semakin nyaman dan bahkan lebih murah bahan ini untuk kebutuhan masyarakat banyak. Misalnya munculnya beberapa bahan bangunan yang makin ringan tapi kuat sebagai pengganti batu, kaca untuk bangunan yang lebih tahan lama dan kuat serta bahan lainnya. Bidang industri properti ini terus melakukan inovasi demi bahan yang lebih baik setiap waktu.

 

Bahan terbaik untuk ruang rapat kedap suara

rockwool

Ruangan kedap suara termasuk inovasi yang cukup membantu manusia mendapat tempat yang nyaman. Seperti perusahaan atau orang-orang perlu suatu ruangan yang aman dan hening untuk berkumpul dan mengeluarkan ide terbaiknya. Maka muncul ide melengkapi ruangan rapat dengan bahan peredam suara. Dengan menambah bahan pada dinding ruangan tersebut maka suara akan teredam sehingga ruangan tersebut bisa nyaman digunakan untuk berbagai acara. Glasswool, rockwool, serat selulosa, dan fiber adalah beberapa contoh bahan yang biasa digunakan untuk membuat ruangan kedap suara. Harga rockwool maupun glasswool juga termasuk murah mengingat manfaat yang diberikan. Sudah banyak juga jasa yang jual glasswool dan jenis bahan lainnya secara langsung maupun online sekarang dengan tingkatan kualitasnya berbeda-beda. Sehingga jika Anda ingin membuat ruangan rapat nyaman kedap suara sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut saat memilih bahan yang dibutuhkan.

1. Jenis bahan 

Ada banyak jenis bahan yang tersedia saat ini untuk ruang kedap suara. Yang membedakan bahan ini adalah bahan dasar penyusunnya. Perbedaan bahan penyusun ini juga membuat perbedaan pada kemampuan bahan meredam suara. Maka perhatikan bahan apa pembuat bahan tersebut sebelum membeli agar tidak kecewa diakhir.

2. Harga bahan

Jenis bahan peredam suara bervariasi harganya tergantung kualitas dan jenis bahannya juga. Perbedaan bahan dasar menjadi penentu harga jual peredam suara. Harga jual glasswool dan rockwool adalah termasuk yang paling murah dipasaran dibanding busa maupun serat selulosa akan tetapi kedua jenis bahan ini kurang awet. Tentu semakin bagus kualitas bahan dalam meredam suara maka semakin mahal juga harganya.

3. Kelebihan dan kekurangan bahan

Setiap jenis bahan peredam suara ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Harga rockwool yang lebih murah dari busa bukan berarti Anda harus memilih bahan busa. Bahan rockwool yang lebih tahan api dari bahan busa bisa menjadi alasan Anda memilih bahan tersebut.

4. Kebutuhan 

Ruang rapat yang kedap suara setiap tempat tidak harus memiliki bahan paling mahal. Tentukan manfaat apa yang diperlukan untuk ruang rapat kedap suara Anda. Apakah yang tahan lama, tekstur tertentu, ketebalannya, ketahanan terhadap api, bahan yang menyebabkan alergi atau hal lainnya. Misalnya kebutuhan bahan yang tahan api dengan ketahanan bahan tidak terlalu lama dan budget sedikit maka Anda bisa memilih bahan rockwool misalnya.

Dengan menggabungkan beberapa hal diatas seperti kelebihan dan kekurangan jenis bahan, harganya dan kebutuhan ruangan yang diperlukan membawa Anda memilih bahan yang tepat. Sehingga tidak perlu mengeluarkan dana yang berlebihan untuk jenis bahan peredam yang paling mahal. Mengingat ruang rapat penting bagi keperluan suatu kelompok mulai dari perusahaan besar hingga kecil maka memilih bahan peredam suara yang benar sesuai kebutuhan perlu dilakukan dengan cermat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *