Cara Melakukan Instalasi Projektor di Ruang Kelas yang Benar!

Projektor saat ini telah menjadi sesuatu yang wajib ada pada dunia pendidikan, dimana setiap ruang kelas wajib memiliki projektor untuk menunjang materi belajar anak – anak. Projektor berfungsi sebagai pembantu siswa agar lebih memahami apa yang dijelaskan oleh guru.

Dalam melakukan proses pemasangan projektor dalam ruang kelas tidak boleh asal – asalan. Dimana kontraktor hvac harus memasang projektor pada titik yang tepat agar anak – anak dapat terjangkau oleh projektor yang ada.

Cara Instalasi Projektor

Cara Instalasi Projector

Ada beberapa cara yang harus diketahui dalam proses pemasangan projektor di ruang kelas. Adapun langkah – langkah ketika ingin melakukan pemasangan projektor adalah sebagai berikut :

1.    Melakukan Persiapan

  • Menentukan Ruang Kelas

Tahap pertama dalam proses persiapan pemasangan projektor adalah menentukan manakah ruang kelas yang akan dilakukan pemasangan projektor.  Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui berapa besar ruangan dapat dilihat dari luas serta tinggi ruang kelas yang akan dipasangi projektor.

  • Mengukur Tinggi Ruang Kelas

Tahap kedua dalam proses persiapan instalasi projektor adalah dengan mengikur tinggi ruang kelas. Seperti yang sudah dijelaskan hal ini bertujuan agar kontraktor listrik mengetahui titik yang tepat untuk proses instalasi dalam ruang kelas.

  • Mengukur Kabel Projektor

Tahap ketiga mengukur kabel yang akan digunakan dalam persiapan proses instalasi projektor. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengetahui seberapa panjang kabrl yang akan digunakan.

  • Menentukan Tipe Projektor

Tahap keempat adalah menentukan tipe projektor yang manakah yang akan digunakan. Tentu saja ini bertujuan agar dapat mengetahui jarak tembak dari dari projektor ke screen projektor.

2.    Mempersiapkan Alat yang Akan Digunakan

Sebelum melakukan instalasi projektor tentu saja kamu perlu mempersiapkan alat – alat yang akan digunakan dalam proses instalasi. Adapun alat yang dibutuhkan oleh kontraktor hvac adalah sebagai berikut :

  • Meteran, bor tangan, tang, lot, gergaji, besi siku, baut dan lain sebagainya.

3.    Melakukan Pemasangan Projektor

  • Menentukan Titik  Bracket Projektor

Menentukan titik bracket projektor merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan dalam proses pemasangan projektor dalam ruang kelas. Menentukan titik tengah berfungsi sebagai proses pemasangan layar projektor.

  • Memasang Layar Projektor

Setelah setelah selesai menentukan titik bracket projektor, kamu dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu dengan memasang layar projektor atau screen projektor.

  • Menyalakan Projektor

Langkah selanjutnya dalam proses instalasi projektor adalah dengan menyalakan projektor yang sudah dipasang tadi. Proses menyalakan projektor ini dilakukan agar dapat mengetahi apakah hasil pemasangan projektor sudah pas atau belum dengan besarnya layar projektor.

  • Melubangi Plafon

Tahap selanjutnya dalam proses instalasi projektor adalah dengan melubangi plafon ruang kelas. Pelubangan plafon ini akan dilakukan untuk memasang bracket projektor.

  • Mengatur Kabel Projektor

Setelah selesai melakukan pemasangan bracket projektor kamu dapat melakukan tahap selanjutnya yakni mengatur kabel projektor sesuai dengan posisi dimana komputer akan diletakan dimana.

  • Melakukan Perakitan Projektor dan Melakukan Setting Projektor

Setelah mengatur kabel projektor, kamu dapat melakukan perakitan projektor. Dalam proses perakitan projektor kamu memerlukan baut untuk mengencangkan pemasangan projektor dan setelah itu kamu dapat melakukan setting projektor sebagai tahapan terakhir dari proses instalasi projektor ini.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan pemasangan projektor dalam ruang kelas. Dan sekali lagi perlu diingat bahwa proses pemasangan projektor dalam ruang kelas haruslah dilakukan oleh orang yang profesional agar hasil yang diperoleh menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *