Ranjang Tentukan Kenyamanan Beristirahat! Ikuti Cara Pemilihan Lengkap Dengan Pilihan Modelnya Disini!

Memilih ranjang untuk ditempatkan di kamar memang kerap mengundang kebingungan, bagaimana tidak, kini ranjang dijual dengan beragam model yang sangat menarik. Bahkan sebagian besar masyarakat lebih mengandalkan jasa kontraktor interior untuk membantu memilih ranjang yang sesuai.

Tips Memilih Ranjang

Untuk mengurangi kebingungan Anda, sebaiknya Anda perhatikan tips berikut agar Anda tidak salah dalam memilih ranjang:

1. Ukuran

cara-memilih-model-ranjang

Pilihlah ranjang yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda dan kapasitas tampungnya. Jika Anda akan membeli ranjang untuk ukuran dewasa dan dipakai untuk dua orang, maka sebaiknya Anda memilih ranjang dengan ukuran yang besar, begitu pula sebaliknya.

2. Luas kamar

Anda juga harus mempertahankan luas kamar Anda, jika ukuran kamar cenderung sempit maka hindarilah membeli ranjang yang berukuran terlalu besar. Karena walaupun Anda telah memilih model ranjang yang paling bagus sekalipun jika tidak presisi dengan ukuran kamar tetap saja akan sia-sia dan justru memberi kesan sempit dan sesak.

3. Kapasitas ranjang

Ada enam jenis kapasitas ranjang, di antaranya:

  • Single: adalah ranjang ¬†yang digunakan untuk sendiri dan cocok untuk remaja dengan ukuran tepatnya sekitar 90 x 200 cm.
  • Single xl: adalah ranjang yang juga digunakan untuk sendiri dengan ukuran lebih besar 10 cm dari kasur single biasa.
  • Double: adalah ranjang dengan kapasitas dua orang, ukuran tepatnya sekitar 120 x 200 cm.
  • Queen: adalah ranjang yang biasa digunakan di kamar utama dengan ukuran yang cukup besar sehingga memerlukan luas kamar minimal 2 x 2 meter.
  • King: adalah ranjang yang lebih besar di atas queen yang ukurannya sekitar 180 x 200 cm sehingga membutuhkan luas kamar minimal 3 x 2 meter.
  • Super king: adalah ranjang yang super besar dengan ukuran 200 x 200 cm.

Setelah mengetahui ranjang yang Anda butuhkan, langkah selanjutnya adalah memilih model ranjang yang sesuai dengan desain kamar Anda.

Model Ranjang

Model ranjang dipilih berdasarkan kebutuhan desain interior kamar. Model ranjang kerap menjadi pertimbangan kontraktor interior hotel bintang lima untuk menciptakan model kamar yang menawan. Berikut adalah macam – macam modelnya.

1. Divan

Ranjang ini memiliki kepala yang lebih tinggi yang umumnya berbentuk segi panjang minimalis. Model ranjang ini adalah model yang paling umum digunakan. Biasanya kepala dan ranjang dijual terpisah, namun harga akan lebih murah jika dibeli sepaket.

2. Trundle

Trundle adalah model  ranjang yang bagian bawahnya dapat ditarik dan difungsikan juga menjadi ranjang. Ranjang ini sangat cocok ditempatkan di kamar anak. Bagian bawah jika tidak digunakan sebagai ranjang juga dapat digunakan sebagai laci untuk menyimpan barang-barang.

Baca juga: Daftar Harga Gorden Rumah Minimalis 2019

3. Cabin

Hampir serupa dengan trundle, model ranjang ini menyatu dengan lemari dan laci. Model ranjang ini sangat cocok untuk kamar yang didesain dengan ukuran minimalis.

4. Mild sleeper

Mild sleeper

Atau juga disebut dengan bunk bed adalah model ranjang susun yang umumnya digunakan di asrama, kamar anak atau bahkan hotel.

5. Sleigh

Model ranjang ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai tema vintage. Hal ini dikarenakan ranjang Sleigh dipannya terbuat dari kayu atau kulit yang setiap sudutnya dibuat melengkung. Pas banget deh untuk mendukung dan memperkuat kesan vintage.

6. Storage

Model ranjang ini adalah model ranjang yang dapat diangkat untuk mengakses bagian bawahnya yang dapat digunakan untuk menyimpan benda-benda.

7. Murphy

Model ranjang ini juga cocok untuk kamar minimalis karena dapat diangkat dan ditempelkan ke dinding, sehingga kamar tetap terlihat luas.

8. Daybed

Adalah ranjang yang memiliki ukuran cenderung kecil dan umumnya menyerupai sofa. Model ranjang ini biasanya ditempatkan di ruang keluarga dan digunakan untuk bersantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *