Cara Memperbaiki List Gypsum yang Patah

Selain digunakan untuk plafon gypsum, bahan gypsum juga banyak dipakai untuk membuat listt atau tepi dinding agar lebih rapi. Fungsi utama listt gypsum adalah mempercantik pinggiran dinding sehingga menambah estetika di dalam ruangan. Akan lebih bagus lagi bila list gypsum mempunyai motif unik sehingga siapapun yang melihatnya akan terkesima. Namun, bagaimana bila list gypsum patah? Apakah list gypsum yang patah harus langsung diganti? Tenang, kamu bisa memperbaiki patahan yang terjadi pada list gypsum dengan cara yang sangat sederhana.

3 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Benahi list Gypsum Patah

Cara Memperbaiki List Gypsum yang Patah

Bahan gypsum memang mudah sekali mengalami keretakan atau bahkan patah. Itu terjadi di hampir semua produk yang berbahan gypsum, seperti plafon gypsum dan list gypsum. Makanya itu, bila kamu menemukan list gypsum rumah mengalami patah, itu adalah hal yang wajar. Tapi, kondisi seperti itu jangan terus-terusan dibiarkan, karena bisa merusak keindahan ruangan. list gypsum yang patah tidak harus langsung diganti. Bahkan tidak memerlukan jasa tukang, kamu bisa membenahinya sendiri dengan alat dan cara yang sangat sederhana. Inilah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki patahan pada list gypsum.

1. Gunakan Bubuk Gypsum

Cara sederhana pertama yang dapat kamu lakukan agar list gypsum bisa tersambung kembali adalah dengan menggunakan bubuk gypsum. Caranya sangat mudah, yaitu campur bubuk gypsum dengan air secukupnya. Aduk hingga merata sampai kekentalannya sudah pas. Adonan ini akan berfungsi sebagai perekat sekaligus menutup patahan pada list gypsum. Jika adonan sudah siap, lumatkan adonan pada bagian list gypsum yang patah. Rapikan seluruh permukaannya agar tidak ada adonan yang meluber dan menimbulkan kesan berantakan. Pastikan semua bagian yang patah sudah direkatkan secara sempurna.

2. Rekatkan dengan Plester

Di toko bangunan kamu bisa membeli plester khusus untuk gypsum. Pemakaiannya sangat mudah layaknya menggunakan plester pada umumnya. Area list gypsum yang patah sambungkan dengan plester khusus tersebut sampai benar-benar sempurna. Oh ya, jangan lupa untuk memastikan ukuran area yang patah sebelum memulai memasang plester. Cara ini dapat dilakukan bila patahan pada list gypsum tidak terlalu parah. Eratkan plester pada dua sisi list gypsum yang patah sampai keduanya bersatu kembali. Agar hasil rekatannya lebih kuat, kamu juga bisa menambahkan serat fiber pada bagian yang patah sebelum diberi plester.

3. Tambal Pakai Semen

Sebenarnya hasil tambalan list gypsum akan lebih sempurna jika menggunakan adonan bubuk gypsum. Tapi, bila kamu merasa sulit untuk menemukan bubuk gypsum, maka kamu bisa juga memakai semen sebagai bahan penyambung patahannnya. Menyemen list gypsum yang patah dengan menyemen tembok adalah dua hal yang berbeda. Untuk menyemen list gypsum, tidak diperlukan bahan pasir. Cukup campurkan semen dan air secukupnya. Lalu adonan semen lumatkan pada bagian yang patah. Ratakan sampai seluruh patahan benar-benar tertutup dengan sempurna. Bila list gypsum punya lekukan atau motif khusus, lakukan pelumatan mengikuti lakukan atau motif tersebut.

Itulah 3 langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki list gypsum yang patah. Ingat, jangan biarkan list gypsum patah terlalu lama kalau kamu tidak ingin terjadi kerusakan yang lebih parah. Lebih baik segera perbaiki sekarang, karena caranya begitu mudah. Bahkan kamu tidak perlu mendatangkan tukang secara khusus untuk membenahi patahan list gypsum. Cukup lakukan sendiri dengan alat dan bahan yang mudah didapatkan. Tapi, jika patahan list gypsum sudah parah, maka sebaiknya panggil jasa profesional untuk membenahinya agar hasilnya lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *