Glassboard Lebih Unggul Dibandingkan Papan Tulis Biasa Whiteboard atau Blackboard

Kehadiran papan tulis kaca atau glassboard, tampaknya akan menggantikan papan tulis konvensional. Fungsinya pun masih sama, yaitu untuk memberikan penjelasan melalui media visualisasi. Glassboard akan membantu anda dalam pemakaian di kantor, di dalam kelas, ataupun di rumah anda. Mengusung desain yang begitu modern dan berbahan kaca akan menampilkan kesan yang elegan.

Kelebihan Glassboard dari Papan Tulis Biasa

Meski begitu glassboard juga memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan papan tulis biasa.

1. Glassboard tahan lama.

Glassboard terbuat dari bahan tempered glass yang kekuatannya 6 kali bahkan 7 kali lipat lebih besar dari papan tulis biasa. Bahan pembuatannya sangat tahan lama sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak akan mengalami korosi.

Permukaannya juga tahan terhadap goresan serta tidak bergelembung karena permukaannya terbuat dari bahan lembar sheet steel. Berbeda dengan papan tulis biasa yang terbuat dari bahan plastik atau kayu. Biasanya papan tulis akan bertahan hanya dalam waktu beberapa tahun karena mengalami rapuh.

2. Glassboard tidak pernah ghosting.

Permukaan dari papan tulis kaca sangat halus dan tak nampak berpori jika dibandingkan dengan papan tulis konvensional. Itu artinya papan akan jauh dari noda dan gampang dibersihkan. Meski sering digunakan, anda tetap tak perlu khawatir akan adanya noda.

Sedangkan pada papan tulis biasa yang masih menggunakan kapur atau sudah menggunakan spidol, noda akan susah hilang. Meskipun telah dihapus, tapi noda sisa akan tetap menempel dan meninggalkan warna hitam ataupun putih yang lama kelamaan akan membuat tampilan papan terlihat kotor.

3. Menawarkan fungsi lain.

Ada fungsi lain dari papan kaca selain dijadikan papan tulis. Fungsi tersebut adalah sebagai papan magnetik. Dengan bantuan magnet, anda dapat melampirkan dokumen maupun catatan pada bidang kaca. Selain itu juga dapat dipakai untuk layar proyeksi  dengan mutu proyeksinya yang lebih baik dari screen proyeksi tradisional.

4. Pemasangan yang mudah.

Pemasangan papan tulis kaca atau glassboard pada dinding cukup mudah. Cukup dengan membuat lubang pada sisi sisi papan. Papan juga harus menempel ke dinding dengan kuat agar nantinya tidak goyang ketika dipakai menulis. Anda hanya perlu memperhatikan prosedur pemasangan pada buku instruksi untuk menghindari kesalahan pemasangan.

5. Glassboard merupakan papan tulis ramah lingkungan

Glassboard merupakan papan tulis yang ramah lingkungan, dikarenakan terbuat dari bahan tempered glass. Dimana nantinya bahan bahan pembuatan dapat didaur ulang sehingga aman untuk lingkungan. Berbeda dengan papan tulis tradisional yang berbahan kayu.

Baca juga: 6 Point Penting Pencahayaan Kamar Kerja Yang Sehat

6. Tampilan yang menarik.

Tampilan pada pemasangan papan tulis kaca cukup indah dan elegan. Karena dalam proses pemasangan kaca langsung tertempel dengan dinding baik dinding berbahan semen, gypsum, ataupun partisi GRC. Warna latar belakang papan juga dapat disesuaikan dengan berbagai warna.

Untuk ketebalan dan besar kaca yang akan digunakan bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan. Sehingga anda tidak perlu khawatir papan terlalu kecil atau kaca terlalu tipis.

Saking banyaknya kelebihan glassboard dari pada whiteboard biasa, banyak perusahaan yang sekarang berganti menggunakan glassboard. Penggunaan lainnya yaitu untuk gedung olahraga, ruangan kelas, serta instalasi kampus.

Meningkatnya peminat glassboard membuat para distributor mulai menawarkan produk mereka, mulai dari jual papan tulis kaca hingga melayani proses pemasangan. Mereka menawarkan berbagai ukuran ketebalan kaca serta berbagai warna stiker untuk latar belakang, meski umumnya warna yang digunakan adalah putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *