Ide Dekorasi Lobby Rumah Sakit yang Unik

Rumah sakit menjadi sebuah fasilitas yang sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama bagi mereka yang sakit. Oleh sebab itu, fasilitas di rumah sakit juga harus mendukung supaya orang – orang merasa nyaman. Salah satu contohnya yaitu dengan mendekorasi lobby rumah sakit. Hal ini bertujuan agar pasien yang mengantri giliran mereka untuk berobat dapat menunggu dengan nyaman dan tidak merasa tertekan. Berikut beberapa ide dekorasi lobby rumah sakit.

Memiliki Fasilitas P3K

Meskipun berada di rumah sakit, namun fasilitas P3K sangat penting dan wajib disediakan. Pasien yang mengantri giliran mereka berobat kadang merasa pusing atau mual, oleh sebab itu dengan adanya P3K yang berisi macam – macam obat seperti minyak kayu putih, obat pusing atau obat mual sangat diperlukan untuk mengurangi gejala sakit.

Menggunakan Bahan Lantai yang Membuat Nyaman Pengunjung

Lobby rumah sakit dibuat sedemikaian rupa supaya para pengunjung merasa betah dan nyaman ketika menunggu giliran mereka berobat. Oleh karenannya penggunaan bahan lantai juga wajib diperhatikan, lantai yang bersih, bebas bakteri, tidak licin dan lantai harus mudah dibersihkan. Biasanya bahan lantai rumah sakit memakai vinyl atau epoxy, kedua bahan ini sangat cocok digunakan oleh rumah sakit karena mudah dalam pembersihannya dan bebas kuman.

Memakai Desain Interior yang Tidak Terlalu Ramai

Usahakan dalam memilih desain interior untuk lobby jangan terlalu ramai atau mencolok mata dan membuat pasien menjadi tidak nyaman berlama – lama di lobby. Lobby menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para pasien, oleh sebab itu pilihlah desain lobby yang natural atau bisa menggunakan nuansa alam. Dengan memilih warna – warna lembut seperti hijau, biru atau putih dapat membuat pasien lebih nyaman.

Area Penempatan Lobby

Jangan asal menempatkan lobby di area rumah sakit, karena dapat membuat pasien tidak nyaman. Lobby biasanya ditempatkan di area depan rumah sakit, jauh dari pembuangan limbah dan kamar mayat. Hal ini dilakukan supaya suasana lobby tidak menjadi lembab dan berbau tidak sedap. Selain itu, penempatan ventilasi juga wajib dierhatikan supaya sirkulasi udara dalam lobby dapat selalu terjaga kesegarannya.

Memiliki Alat Penunjang Lain

Rumah sakit merupakan tempat orang – orang sakit dan ingin berobat. Oleh karenanya rumah sakit wajib menyediakan alat – alat penunjang, seperti kursi tunggu pasien, kursi roda atau kasur untuk pasien. Sehingga para pasien yang mengantri sampai gilirannya tiba dapat menunggu dengan nyaman. Selain itu jangan lupa menyediakan air mineral dan buku bacaan seperti koran atau majalah untuk mengurangi rasa bosan pengunjung ketika menunggu. Fasilitas lain yang wajib diperhatikan adalah peggunaan pintu dan jendela, biasanya rumah sakit akan menggunakan pintu aluminium kaca supaya mudah membersihkannya dari kuman bakteri dan penempatan jendela agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam lobby.

Dekorasi lobby untuk rumah sakut memang wajib diperhatikan dan sangat penting, karena lobby akan menjadi ‘wajah’ dari rumah sakit yang dikunjungi oleh pasien. Apabila lobby rumah sakit terkesan suram dan lembab, tentu saja pasien akan enggan berkunjung ke rumah sakit tersebut. Penempatan fasilitas lobby juga jangan asal, karena akan mengganggu estetika dan kenyamanan lobby. Rumah sakit sering menggunakan material berbahan aluminium, seperti pintu aluminiumkusen aluminium atau jendela aluminium. Hal ini bertujuan agar terkesan lebih steril dan mudah dalam membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *