Yuk Kenali Jenis-jenis Wastafel dan Karakteristiknya

Kamar mandi dan rumah modern belum lengkap rasanya tanpa kehadiran wastafel, walau sepintas hanya berupa cekungan dengan kran air di salah satu bagian permukaannya namun tetap dibutuhkan. Baik itu untuk sekedar mencuci tangan, hingga melakukan aktivitas bersih-bersih ringan.

Kalau Anda ingin memilikinya maka ada baiknya kenali jenis dan karakternya, jadi saat dipasang bukan saja melengkapi kebutuhan kamar mandi tapi juga bisa menjadi pemanis interior. Sehingga ruangan terlihat lebih lengkap dan nyaman untuk digunakan kapan saja.

5 Jenis Wastafel dan Karakteristiknya

Tidak semua jenis produk ini cocok untuk diaplikasikan pada sebuah kamar mandi, makanya Anda perlu mengetahui apa saja jenis yang ada. Jadi bisa disesuaikan dengan kondisi kamar mandi, jangan sampai hanya gara-gara salah produk, kamar mandi atau ruangan lain jadi terlihat aneh dan tidak memenuhi estetika ruangan mandi yang baik. Ini dia lima jenisnya lengkap dengan karakteristik masing-masing.

jenis Wastafel dan Karakteristiknya

1. Pedestal

Adalah jenis yang punya penopang sendiri tanpa harus dipasang pada meja atau media lain. penopangnya berbentuk huruf I yang memiliki lebar menyesuaikan dengan besar tempat cuci tangan ini. sedangkan wastavel terletak di bagian atas dengan cekungan berbentuk oval atau petak namun tidak terlalu dalam.

Bisa diletakkan di berbagai area rumah, seperti kamar mandi, ruang makan, bahkan di area outdoor yang membutuhkan tempat cuci tangan sendiri. sedangkan instalasi airnya juga tidak bergantung dari instalasi air lainnya. Jadi Anda bisa membuat instalasi sendiri sehingga air yang mengalir jadi lebih lancar.jenis Wastafel dan Karakteristiknya

2. Wall Mounted

Merupakan jenis wastafel dengan cara pemasangan ditempelkan pada dinding, tanpa penyangga bawah. Posisinya yang melayang, membutuhkan pemasangan benar-benar kuat agar tidak mudah jatuh. Bentuk standarnya adalah petak atau bulat cekung dengan bagian sisi kiri dan kanan agak lebar, gunanya sebagai tempat meletakkan perlengkapan mandi dan cuci muka.

Pada bagian bawahnya diberi saluran air yang akan terhubung dengan saluran air utama Anda, jenis pipa yang digunakan pada wastafel ini kebanyakan stainless steel yang aman, tahan lama, dan anti karat. Anda bisa menggunakannya untuk kamar mandi dengan ukuran terbatas, karena tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas.

jenis Wastafel dan Karakteristiknya

3. Undermount

Produk ini banyak dipakai pada toilet umum atau hotel, karena seluruh bagian produk yang dibanderol dengan harga wastafel cukup mahal ini berada di dalam meja. Jadi butuh pemasangan khusus yang hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional.

Jenis meja yang bisa menggunakan produk ini biasanya terbuat dari keramik, beton, atau marmer. Sehingga lebih kokoh sebab pemasangannya menggunakan semen atau bahan cor yang kuat.

4. Top Mount

Beda dengan jenis sebelumnya, produk yang satu ini berbentuk baskom oval atau mangkok besar yang seluruh bagiannya berada di atas sebuah meja. Penggunaannya banyak pada perumahan atau kantor dengan gaya modern, tapi memang dari segi perawatan lebih sulit karena selain membersihkan bagian dalam, Anda juga harus rutin membersihkan bagian luarnya.

jenis Wastafel dan Karakteristiknya

5. Self Rimming/Country Lavatory

Jenis terakhir ini mirip dengan undermount, hanya saja permukaan utamanya masih terlihat pada meja. Penggunaannya bisa pada meja jenis apa saja, baik yang berdiri sendiri maupun yang ditempelkan pada dinding ruangan. Yang jelas ditanamkan dengan kokoh dan erat agar air tidak merembes pada sela-selanya, sehingga proses membersihkannya tidak menjadi sulit.

Setelah Anda mengetahui lima jenis produk pelengkap kamar mandi dan ruangan lainnya ini, tentu akan lebih mudah menentukan jenis mana yang cocok diaplikasikan di rumah atau bangunan yang Anda miliki. Tapi tetaplah memperhatikan kualitas dan harga wastafel, agar Anda bisa mendapatkan produk terbaik.

 

Dapatkan harga wastafel terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *