Kejutan Listrik yang Harus di Waspadai Ketika di Rumah

Listrik adalah sumber energy yang paling penting bagi manusia. Listrik memiliki fungsi yang sangat vital. Hampir semua kegiatan manusia sekarang ini memanfaatkan listrik. Mulai dari mandi, masak, hingga tidur. Hampir semua kegiatan membutuhkan listrik. Jika diamati, sangat sedikit masyarakat yang rumahnya tidak menggunakan listrik.

Rumah yang tidak memiliki aliran listrik bisa jadi karena tidak mampu membayar iuran atau karena aturan adat yang kental. Beberapa daerah memang memiliki aturan adat super ketat. Masyarakat juga sangat menjaga adat istiadat yang ada termasuk tidak menggunakan listrik dirumah.

Berbicara mengenai listrik dirumah, ternyata terdapat beberapa bahaya dari listrik. Listrik bisa membuat orang terkejut dengan keberadaanya. Nah apa saja kejutan listrik yang ada dirumah? Mari kita simak bersama.

Kena Setrum

Kejutan Listrik di Rumah

Ketika sedang asik berjalan atau akan menonton tv tiba-tiba ada sengatan yang mengagetkan. Hal ini akan membuat sedikit bt diikuti trauma. Apabila tegangan kecil kita bisa bersyukur karena tidak menimbulkan kematian. Tapi dalam beberapa kasus, tegangan listrik dirumah bisa membuat korbannya meninggal.

Tersetrum listrik biasanya terjadi ketika kita tidak sengaja memegang kabel yang terkelupas. Aliran listrik menjadi bocor dan bisa menyengat orang disekitarnya. Biasanya anak-anaklah yang sering menjadi korban.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika anak tersengat listrik. Kita bisa mencabut aliran listrik yang ada. Jangan memegang secara langsung karena aliran bisa mengalir ketubuh kita. Sengatan listrik akan semakin terasa ketika kita menginjak karpet tile. Aturan dalam pertolongan pertama korban listrik memang tidak menggunakan alas kaki.

Arus Pendek Listrik

Listrik bisa sangat bermanfaat sekaligus sangat berbahaya. Perlu penggunaan dan pemanfaatan yang super baik. Banyak kejadian rumah terbakar karena penggunaan yang kurang bijak. Rumah yang kosong dan ditinggalkan beberapa hari dibiarkan listrik menyala.

Tidak jarang aliran listrik mengalami korsleting dan memicu arus pendek listrik. Percikan api yang keluar membuat rumah kebakaran. Hal ini tentu sangatlah mengejutkan bagi pemilik rumah. Apalagi kabar kebakaran didapatkan ketika penghuni rumah sedang asik liburan atau mudik.

Perasaan menjadi tidak karuan dan bingung. Harta benda raib dilahab si jago merah. Perabotan dan seisinya tidak dapat diselamatkan. Bak kena petir di siang bolong. Kalau yang terbakar adalah harga karpet tile murah sepertinya tidak menjadi masalah. Tapi jika yang terbakar adalah benda mahal bahkan dokumen penting tentu menjadi masalah yang besar.

Agar tidak terjadi hal demikian, alangkah baiknya kita menerapkan lampu otomatis. Jadi lampu akan menyala ketika hari sudah mulai malam dan akan mati ketika hari sudah siang. Cara ini lebih aman apalagi ketika rumah akan ditinggalkan dalam waktu yang lama.

Selain menghindari korsleting listrik, cara ini juga bisa membuat maling kabur. Maling akan berpikir jika rumah ada penghuninya. Hal ini bisa dilihat dari aktivitas lampu yang menyala dan mati dengan sendirinya.

Perilaku yang baik akan membawa kita pada kebaikan. Hal ini juga menjadi pedoman dalam penggunaan listrik dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *