Mau Pakai Gypsum Untuk Sekat Ruangan? Baca Artikel Ini Supaya Partisi Terpasang Sempurna!

Dinding merupakan salah satu unsur vital dalam kontruksi sebuah bangunan. Dinding berguna untuk memisahkan satu ruang dengan ruang lainnya sehingga menciptakan sebuah ruang yang nyaman bagi penghuninya. Dalam ranah yang luas, dinding juga berfungsi untuk meredam suara, menahan cuaca, sampai dengan mempercantik ruangan.

Tahukah Anda, bahwa dalam rumah ada dinding tersusun dari dinding pendukung dan dinding partisi. Bila dilihat dari segi bahan pembuatannya, dinding memiliki berbagai jenis. Di antaranya dinding yang terbuat dari batu bata, beton, dinding dengan bahan dari batuan alam, dan dinding berbahan papan gypsum. Di antara bahan pembuatnya ini, dinding yang terbuat dari papan gypsum memiliki beberapa keunggulan, yaitu sifatnya yang bisa dipindah-pindahkan atau fleksibel dan sebagai pemanis ruangan. Tak heran sekarang ini banyak bermunculan jasa pasang partisi bahan papan gypsum ini.

Namun, sifat-sifat tersebut bisa tidak teraplikasikan dengan matang bila Anda melupakan beberpa step ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

Kesesuaian dengan Tempat Pemasangan

Semua ruangan dalam hunian membutuhkan treatment pemasangan yang berbeda, tidak bisa disamakan. Jangan sampai Anda menyamakan jenis gypsum yang digunakan antara ruang tamu dengan kamar mandi. Keduanya memiliki perlakuan yang khusus. Pada kamar mandi, membutuhkan gypsum dengan jenis wet area, yang kemudian disemprot atau dikuas dengan waterprooing. Jenis wet area gypsy ini sesuai dengan kamar mandi yang mayoritas aktivitas di dalamnya berkenaan dengan air. Sementara pada ruang tamu menggunakan jenis drywall. Pastikan jasa pasang partisi gypsum yang Anda bantuan juga tahu mengenai ini.

Gunakan Pengencang dengan Benar

Saat melakukan proses pemasangan gypsum, salah satu bahan yang perlu disiapkan adalah sekrup gypsum. Sekrup gypsum ini berfungsi untuk memperkuat kerangka gypsum yang terpasang. Akan tetapi, Anda bisa menggantikan skrup ini dengan bubuk gypsum atau compound. Sama halnya seperti sekrupm, bubuk ini berfungsi sebagai lem atau perekat yang ditempatkan pada sambungan atau list dan ornamen. Yang perlu diperhatikan pada proses ini adalah penggunaan plaster terlebih dahulu untuk memasang sambungan gypsum. Bila Anda atau jasa pasang partisi gypsum tidak memasang ini dengan benar, maka gypsum berpotensi untuk roboh.

Baca juga: Ini Daftar Harga Marmer Lengkap dari Berbagai jenis dan Ukuran 2019

 

Pasang Partisi Moveable

Jenis partisi gypsum ini memungkinkan suasana yang baru bagi pemilik hunian. Penggunaan partisi moveable ini juga sekaligus menjawab pertanyaan bagaimana membuat ruangan yang penghuninya tidak bosan dengan ruang tersebut, tapi rentang waktunya pendek. Partisi ini memungkinan penghuninya dapat memindah dan menggeser dindingĀ  dengan mudah tanpa bantuan ahli.

Cari Jasa Pasang yang Berpengalaman

Banyak dari Anda yang mungkin menyepelekan step ini. Padahal pada step ini juga menentukan berhasil atau tidaknya partisi gypsum yang terpasang. Ada banyak jasa pasang partisi gypsum yang menyediakan pelayanan yang bagus, ada pula yang tidak. Maka, tugas Anda adalah mencari tahu riwayat penyedia layanan jasa tersebut. Jangan hanya mengejar harga yang murah. Anda dapat mencari tahu melalui website atau rekomendasi dari orang-orang terdekat Anda.

Dengan mencemarti berbagai step penting saat proses pemasangan partisi gypsum, Anda kini dapt menjadi lebih perhatian dan selektif dalam pemilihan gypsum, termasuk bagaimana cara memasangkannya denga benar agar tetap kokoh dan tidak roboh. Banyak kenungann yang bisa didapat dari penggunaan partisi gypsum ini. Maka, agar hasil proses pemasangannya sesuai seperti yang dijelaskan di atas, Anda perlu mencatat step tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *