Sangat Penting, Inilah 4 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Agar Kantor Selalu bersih

Kantor atau ruangan kerja merupakan tempat di mana seseorang akan menghabiskan sebagian harinya untuk melakukan aktivitas kerja. Terciptanya ruangan kantor yang bersih adalah dambaan setiap orang yang berada di dalamnya. Hal tersebut sangat penting karena ruangan kantor yang bersih pasti akan menambah kenyamanan serta meningkatkan produktivitas seseorang saat sedang bekerja. Maka dari itu, kebersihan merupakan hal paling utama yang harus diperhatikan dalam setiap ruangan perkantoran.

Meski kebersihan sangat penting, namun realitanya tidak semua orang dapat menjaga kebersihan dengan baik. Meja kantor yang seharusnya digunakan untuk meletakan alat serta dokumen kerja, tak jarang banyak orang secara asal meletakan banyak sisa makanan dan sampah di atasnya. Pada akhirnya area tempat bekerja menjadi kotor dan menimbulkan kesan jorok.

Menjaga kebersihan kantor memang tampak mudah dan sepele, namun faktanya tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik. Kebersihan di area kantor sebenarnya akan sangat mudah untuk diwujudkan dengan cara melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang akhirnya menjadikan kebersihan kantor selalu terjaga. Saat kebiasaan baik selalu diterapkan, dijamin tidak akan ada lagi meja ataupun kursi kantor yang kotor dan terkesan jorok. Anda pun akan bekerja dengan lebih produktif dan terasa nyaman.

4 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Agar Kantor Selalu bersih

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA

Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan sering diabaikan oleh banyak orang terutama para pekerja kantor. Meski tempat sampah sudah tersedia, tetap saja secara spontan seseorang akan meletakan sampah atau benda yang tidak terpakai di atas meja kantor atau pada area disekitarnya. Hal ini jelas merupakan perilaku yang sangat buruk dan merugikan, jika terus dilakukan area tempat kerja pun akan banyak dipenuhi sampah hingga menimbulkan banyak kotoran yang berujung pada bakteri dan kuman penyakit. Maka dari itu, biasakanlah untuk membuang sampah selalu pada tempat yang telah disediakan. Jika kebiasaan ini terus dilakukan dijamin ruangan kantor akan sentiasa selalu bersih dan sehat.

2. Makan Ditempat yang Sudah Disediakan

Makan Ditempat yang Sudah Disediakan

Meski tempat area khusus untuk maka telah tersedia, seseorang terkadang lebih memilih untuk makan dan minum di tempat bekerjanya. Sebenarnya hal ini tidak ada salahnya, karena tentunya hal tersebut merupakan hak setiap orang. Namun tanpa sadar, saat seseorang makan di tempat atau meja kerjanya sisa makanan akan bercecer mengotori permukaan lantai serta area disekitarnya. Pada akhirnya area kerja pun menjadi kotor dan bau akibat adanya sisa-sisa bekas makanan yang terjatuh.

Untuk menghindari hal tersebut, maka biasakanlah untuk makan ditempat yang memang sudah seharusnya. Kini disetiap kantor pun pasti sudah ada ruangan khusus untuk tempat karyawannya menyantap makanan.

3. Bersihkan Segera Sisa Makanan dan Minuman yang Tertinggal

Bersihkan Segera Sisa Makanan dan Minuman yang Tertinggal

Sisa makanan dan minuman yang tertinggal terkadang menjadi kotoran yang membekas. Jika dibiarkan maka bakteri dan kuman pembawa penyakit pun akan mewabah hingga mengganggu kesehatan. Tak hanya itu, terkadang sisa makanan juga sangat mengganggu karena menjadikan area tempat kerja menjadi terlihat buruk. Maka untuk selalu menjaga kebersihan biasakanlah untuk selalu membereskan sisa makanan yang tertinggal.

4. Rapikan Area Tempat Bekerja Setelah Selesai Digunakan

Ruangan kantor yang sehat dan bersih pasti merupakan ruangan yang memiliki tingkat kerapian yang baik. Untuk menjadikan ruangan di kantor selalu bersih, maka biasakanlah diri Anda untuk merapikan dan membereskan kembali meja kerja setelah selesai digunakan. Dengan melakukannya menjadi suatu kebiasaan, dijamin tidak akan ada kotoran ataupun sampah yang akan membuat area kerja menjadi jorok dan kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *