5 Tips Memilih Pintu dari Kaca untuk Rumah agar Awet

Jangan sampai Anda menyesal telah mengeluarkan banyak uang untuk membeli pintu kaca. Salah membeli material kaca akan memengaruhi ketahanannya. Kaca yang berkualitas rendah akan mudah pecah karena terkena benturan. Bahkan hanya digunakan setiap hari saja bisa muncul goresan yang mengurangi tampilan indah pada pintu. Tak ingin mengalami masalah-masalah ini sebaiknya Anda mulai memilih pintu dengan lebih bijak.

Bagaimana sebaiknya Anda memilih pintu berbahan kaca? Ada banyak caranya. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah jenis material kaca. Bahan tempered glass adalah yang paling direkomendasikan karena kaca ini kualitasnya tinggi. Kaca tempered tahan terhadap goresan, benturan bahkan panas. Jadi pintu kaca dapat dipastikan lebih awet.

Cara Memilih Pintu Bahan Kaca yang Awet untuk Rumah

Tips Memilih Pintu dari Kaca

Selain memilih material kaca yang tepat, ada segudang hal yang juga harus diperhatikan. Kaca tempered harganya cukup mahal. Jika Anda tidak ingin yang mahal maka kenali material yang lainnya juga. Jangan pernah terburu-buru ketika memutuskan membeli pintu, karena Anda akan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa tips untuk memilih pintu kaca yang tepat supaya penggunaannya bisa bertahan lebih lama.

  • Model pintu yang akan digunakan

Tips Memilih Pintu dari Kaca

Anda harus mempertimbangkan jenis pintu atau modelnya. Ada dua model yang bisa dipilih yaitu pintu geser dan pintu dorong. Anda bisa memilih pintu geser apabila ruangan di rumah sempit dan pastikan roda pada pintu dibuat yang kuat. Karena pintu berbahan kaca lebih mudah pecah sehingga roda pun harus terbuat dari stainless steel yang kuat. Sedangkan untuk model pintu dorong tambahkan pengaman dari karet. Sehingga ketika pintu dibuka tidak akan terbentur langsung dengan dinding. Pintu pun tidak akan mudah pecah atau rusak.

  •  Letak penggunaanya menggunakannya

Tak perlu menggunakan pintu dari kaca untuk setiap pintu yang ada di rumah. Beberapa penggunaan biasanya adalah pada pintu utama, pintu antara ruang dapur dengan halaman belakang atau di kamar mandi. Penempatan inilah yang akan menentukan material yang harus digunakan. Pintu kamar mandi sangat disarankan menggunakan kaca tempered karena lebih kuat ditambah mudah dibersihkan. Sedangkan untuk pintu utama atau pintu belakang rumah bisa memilih material lainnya.

  • Pertimbangkan menggunakan bingkai

Tips Memilih Pintu dari Kaca

Ingin menggunakan material kaca yang lebih murah? Maka pintu harus menggunakan bingkai. Fungsi dari bingkai adalah membuat kaca tidak mudah pecah walaupun sering digunakan. Ada beberapa material bingkai seperti aluminium, kayu atau UPVC. Penggunaan bingkai juga memudahkan Anda jika ingin menggunakan kaca yang ukurannya lebih tipis demi menghemat biaya. Namun jika kaca tempered yang dipilih tak perlu menggunakan bingkai, karena materialnya sendiri sudah tebal dan dibuat tumpul.

  • Motif atau warna pada kaca

Saat ini tidak semua kaca adalah transparan, banyak motif dan juga warna yang bisa dipilih. Bahkan beberapa jenis kaca memiliki tekstur yang unik. Manakah yang akan Anda pilih? Sesuaikanlah pemilihan motif dan warna ini sesuai dengan desain serta penggunaan pintu. Misalnya saja untuk pintu utama, Anda tidak mungkin menggunakan kaca transparan yang mengganggu privasi ruangan. Maka pilihlah kaca dengan lapisan film yang membuat ruangan tidak tampak dari luar. Jika ingin menggunakan pintu berbahan kaca pada dalam ruangan, Anda bisa memilih kaca es yang tersedia banyak motif menarik.

  • Memesan pintu sebelumnya

Pertimbangkan juga untuk memesan pintu secara khusus, jika ingin membuat desain khusus atau ukurannya yang besar. Pintu dari bahan tempered harus disesuaikan dengan ukuran karena jenis kaca ini tidak dapat dipotong. Jadi pemesanan harus dilakukan. Pilihlah jasa pembuatan pintu kaca yang terpercaya dan sesuaikan dengan biaya yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *